“TUGAS KEEMPAT TENTANG INOVASI DAN KREATIVITAS YANG TERDAPAT PADA SUATU PRODUK”

“TUGAS KEEMPAT TENTANG INOVASI DAN KREATIVITAS YANG TERDAPAT PADA SUATU PRODUK”


§  OTNIEL SIANTURI                                        17120008
§  NISA DWIJAYANTI                                        17120011
§  PUTRI GRESIA SIMATUPANG                      17120019
§  NOVALINA PARDEDE                                   17120020
§  PUTRI D S SIMANJUNTAK                            17120025
§  RAHEL YOLANDA  SIDABUTAR                17120027
§  PASKAH BUTAR BUTAR                               17120056
s

1. indomie









PT Indofood Sukses Makmur (Indomie)
about kreatif dan inovasi
Usaha inovatif yang mau saya bahas kali ini adalah Indomie, Kenapa indomie? karna menurut saya indomie yang menghadirkan banyak rasa adalah suatu hal yang inovatif sekali. Sesuai minat konsumen yang mulai berkembang indomie pun mengikuti pasar dan minviptakan inovasi – inovasi rasa yang kian beragam, rasa-rasa yang ada di sekarang adalah berikut ini:
Jenis – jenis Indomie
«  Indomie Goreng
«  Indomie Selera Nusantara
«  Indomie Keriting
«  Indomie Taste of Asia
Dengan begitu banyak nya rasa yang di hadirkan indomie, PT Indofood Sukses Makmur mengetahui betul bagaimana untuk memenuhi kepuasaan pelanggan hingga dapat memuaskan selera konsumen indonesia yang berbeda-beda daerah nya hingga sampai saat ini masyarakat indonesia dimana pun mereka akan pergi selalu membawa indomie sebagai bawaan wajib untuk mereka, hingga pergi keluar negri pun masyarakat kita pasti akan membawa indomie di barang bawaan mereka, Sekian tentang Indomie yang sangat pintar dalam menghasilkan inovasi – inovasi.

2. Honda BeAT




Honda BeAT merupakan matic paling terjangkau yang dijual Honda untuk saat ini, peminatnya sungguh luar biasa. Data dari wholesale yang merupakan angka distribusi dari pabrik ke dealer di seluruh Indonesia, BeAT mencatatkan ratusan ribu unit setiap bulan-nya.Penggunanya sangat beragam, mulai kaum hawa sampai adam menggunakanya, dari yang tua “emak-emak” sampai kebanyakan yang muda, memang motor ini sepertinya ditargetkan untuk kaum muda.
Menarik untuk BlogOtive membahas generasi Honda BeAT dari masa ke masa, mengetahui bagaimana upaya pabrikan untuk menciptakan life-cycle motor ini sehingga masih bisa bertahan sampai saat ini, berikut adalah..
Generasi Honda BeAT dari tahun ke-tahun
Era motor matic mulai tumbuh, membuat pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan yang terbaik. Bermula saat kubu rival, Yamaha memperkenalkan Mio generasi pertana pada tahun 2003 dan menuai sukses beberapa tahun setelahnya, Honda-pun pada akhirnya membuat tandingan melalui Honda BeAt.
2008 – BeAT Karburator Generasi pertama
Sejarah Lahir BeAT di mulai tahun 2008, Honda BeAT diperkenalkan di Indonesia secara perdana oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di tahun 2008, meskipun ini bukan pertama kali di dunia.
Honda Thailand sudah terlebih dahulu memperkenalkan skutik model seperti ini, namun dengan nama Icon.
Motor ini menggunakan mesin 110 cc, SOHC dengan sistem pembakaran yang masih karburator. Untuk mengenali motor ini, ciri khas BeAT keluaran pertama memiliki spakbor yang posisinya di bawah, menatu bersama suspensi teleskopik layaknya motor sport.
2010 – BeAT Karbu Update Facelift
Honda BeAT tahun 2010
Pada akhirnya, Honda memberikan update dua tahun setelah motor ini pertama kali rilis. Update-nya cukup minor change, rubahan kecil saja atau biasa kita sebut sebagai facelift.
Honda BeAT disempurnakan dengan tapak pembonceng yang lebih lebar dan perubahan posisi spakbor depan dari yang menempel di bawah menjadi menggantung dibawah segitiga, kendati demikian untuk mesin masih sama pakai sistem karburator.
2012 – BeAT Injeksi PGMFI
Honda BeAT tahun 2012
Pada tahun 2012, Honda membenamkan mesin baru dengan merubah sistem pembakaran dari Karburator menjadi Fuel Injection, hasil pengembangan insinyur Honda yang disebut PGM-FI.
Dalam hal ini, mereka berani mengklaim mesin barunya bisa menghemat BBM 30% lebih irit daripada BeAT karburator.
Honda BeAT tahun 2014
Sistem Injeksi PGMFI di Honda BeAT mendapat fitur tambahan eSP pada tahun 2014, Honda kembali merombak BeAT dengan membenamkan teknologi baru untuk dapur pacunya, fiturnya ini dinamakan dengan ESP (Enhanced Smart power).
Teknologi eSP mencakup penerapan roller rocker arm dan offset cylinder serta memiliki fitur unggulan seperti Mati Otomatis atau Idling Stop System (ISS) dengan ACG Starter yang minim suara atau bersuara halus ketika di starter serta pengereman kombinasi Combi Brake System (CBS).
Tenaga mesin naik, fitur baru namun konsumsi BBM lebih irit lagi. Di tahun 2014, Honda juga menambah satu varian BeAT lagi menjadi BeAT eSP dan BeAT POP eSP yang punya tampilan lebih terlihat membulat dan ramping.
2016 – BeAT Update Facelift All New (sampai saat ini)

Dua tahun berikutnya, di tahun 2016 PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM memberikan update lagi perubahan facelift yang lebih signifikan berstatus All New.Masih menggunakan mesin yang sama yang mulai dipakai sejak tahun 2014, Honda BeAT memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih longgar; bagasi lebih luas dan tanki BBM lebih besar menjadi 4 liter.Selain itu, Speedometer di rubah dengan perpaduan Analog dan Digital plus penambahan ECO Indicator dan Headlamp serta Casting Wheel (velg) desain baru yang lebih sporty.
Di tahun 2016, Honda juga menambah 1 varian BeAT lagi yang lebih bernuansa “lebih laki-laki” yakni BeAT Street dengan stang semi-flat terbuka (tanpa cover) seperti halnya motor naked.


Jadi itulah dia masdab Generasi Honda BeAT eSP dari masa ke masa menurut catatan BlogOtive, berikut saya sudah dingkas kesimpulanya.
                                                                                                                        (Nisa 17120011)


3. Mitu Baby Liquid Powder, Inovasi Baru Bedak Bayi yang Lebih Sehat


Anda pasti seringkali gemas melihat bayi atau anak-anak yang tampil dengan bedak berlepotan di wajah mereka usai mandi. Anda bahkan tak segan melakukan hal serupa pada buah hati Anda. Namun, Anda sudah tahu, kan, kalau pemakaian bedak kini dapat lampu merah karena berbahaya untuk pernapasan bayi?
Bedak tabur adalah salah satu perlengkapan yang tidak pernah luput dari seorang bayi. Tidak hanya menjaga kulit bayi tetap kering, pemakaian bedak juga membuat tubuh bayi jadi lebih wangi dan halus. Sayangnya, dalam studi yang dilakukan oleh American Pediatric Association (AAP) tahun 2017, penggunaan bedak tabur bayi sudah tidak lagi direkomendasikan.
Itu karena partikel bahan mineral (talc) dalam bedak dapat terhirup dan berbahaya untuk sistem pernapasan bayi, terlebih dalam jangka waktu lama dan kemudian mengendap. Mitu Baby akhirnya hadir memberikan solusi untuk masalah ini.
Lewat talkshow bertajuk Cara Rawat Si Kecil ala Moms Zaman Now, Mitu Baby meluncurkan inovasi mereka dalam mengatasi masalah bedak bayi dalam bentuk produk Mitu Baby Liquid Powder. Bedak cair dalam bentuk losion itu hadir untuk seluruh bayi Indonesia.


]Produk ini terbukti aman dan tidak menimbulkan risiko gangguan pernapasan karena memiliki tekstur yang tidak mengandung partikel bedak. Berdasarkan hasil uji di rumah Home Tester Club (Lembaga Survei Independen) terhadap 519 anggota pada Maret 2019, terbukti kalau 9 dari 10 ibu setuju kalau Mitu Baby Liquid Powder lebih aman untuk pernapasan bayi dibandingkan bedak tabur.
Mitu Baby Liquid Powder, Inovasi Baru Bedak Bayi yang Lebih Sehat
Anda pasti seringkali gemas melihat bayi atau anak-anak yang tampil dengan bedak berlepotan di wajah mereka usai mandi. Anda bahkan tak segan melakukan hal serupa pada buah hati Anda. Namun, Anda sudah tahu, kan, kalau pemakaian bedak kini dapat lampu merah karena berbahaya untuk pernapasan bayi?

4. Markorbar Inovasi dan kreatif Martabak Kekinian



Jika martabak manis yang biasanya buka pada petang hingga malam hari menggunakan bahan dan isian yang biasa seperti keju, kacang, meses, dan isian lainnya. Sekarang bermunculan inovasi martabak yang berbeda dan unik yang banyak membuat orang penasaran dan ingin mencoba mencicipinya, mulai dari bahan pembuatannya maupun isiannya. Berikut ini ulasan inovasi kreatif martabak.
MARKOBAR adalah singkatan dari MARtabak KOta BARat yang berasal dari kota Solo Jawa Tengah. MARKOBAR berdiri sejak tahun 1996 dengan konsep jualan kaki lima. Awalnya MARKOBAR adalah bisnis keluarga generasi kedua yang dipegang oleh Arif Setyo Budi kemudian dikembangkan dengan berbagai inovasi oleh GIBRAN RAKABUMING RAKA putra sulung Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo. MARKOBAR sendiri saat ini fokus berbisnis pada kudapan martabak manis dengan sentuhan inovasi yang kekinian.
Beberapa tahun belakangan ini jajanan martabak menjadi primadona dan naik kelas. Terutama jenis martabak terang bulan atau martabak manis yang populer di kalangan anak muda. Lewat inovasi bentuk dan aneka rasa atau topping, martabak menjadi jenis kuliner yang naik pamor dan melejit lagi.
Kesuksesan MARKOBAR Solo membawa Gibran membuka cabang di Jakarta dan berbagai kota di Indonesia. MARKOBAR berbentuk seperti pizza yang bisa dinikmati per slice.
MARKOBAR 8 RASA menjadi menu spesial dan menjadi favorit banyak orang. Terdapat 8 slice atau potong martabak yang terdiri dari 8 topping berbeda. Seperti Ovomaltine, Cadburry, keju Kraft, Kitkat, Oreo, Silverqueen, Nutella, Hershey's. Dengan berbagai merek cokelat favorit, kini kita bisa menikmati cokelat lezat dengan harga spesial.
Keunikan MARKOBAR terletak pada :
√ Jenis martabak manis yang tidak dilipat seperti pizza.
√ Cara memasak yang berbeda dari toko martabak lain.
√ Adonan yang tepat (ragi & baking soda) sehingga menghasilkan tekstur martabak terbaik.
√ Bahan yang berkualitas membuat kekentalan adonan yang tepat dan sangat empuk.
√ Harga Markobar terjangkau untuk martabak kekinian sekelasnya dan sepadan dengan jumlah yang dibayar.
√ Juicy, karena mengandung banyak mentega dan topping manis yang meleleh seperti coklat Toblerone, Kitkat, dan Nutella.
                                                                                                                        (Novalina 17120020) 

5. Inovasi, Kunci Sukses Kopi Kapal Api

Sejarah kopi Kapal Api dimulai di pada tahun 1920 ketika Goe Soe Loet datang ke Indonesia. Ia lalu mulai menjual kopi bubuk tanpa merek di Surabaya. Di tahun 1957, generasi kedua mulai mengembangkan bisnis dengan menggunakan merek dagang Kapal Api. Kemudian, anak-anaknya ini mendirikan PT Santos Jaya Abadi di tahun 1979. Dari situlah Kapal Api mulai berkembang hingga sekarang.
PT Santos Jaya Abadi  (SJA) menaungi beberapa merek baik produk kopi, sereal, biskuit maupun permen. Untuk kopi, SJA memiliki merek Kapal Api, Good Day, Excelso, Kopi Ya, Kopi ABC, Fresco, Kopi Kapten dan Kopi Santos. Untuk sereal merek yang diusung adalah Ceremix. Untuk permen merek yang dinaungi ada Espresso, Gingerbon, Say, Bontea Green, dan Relaxa. Terakhir, untuk kategori biskuit, merek yang dinaungi adalah Delby’s kopyor dan Oatbits.
Dalam perkembangannya, terbentuklah anak perusahaan untuk mendukung bisnis Kapal Api, yakni PT Agel Langgeng yang menjual permen dan biscuit, Excelso Café yang merupakan kafe, PT Fastrata Buana sebagai perusahaan untuk distribusi produk ke seluruh Indonesia, PT Sulotco Jaya Abadi yang mengoperasikan perkebunan kopi, PT Santos Premium Krimer yang memproduksi krimer dan PT Weiss Tech yang memproduksi mesin produksi kopi. Untuk memperkuat rencana ekspansi perusahaan, didirikanlah Kapal Api Global di tahun 2009.
Sebagai pionir kopi kemasan bermerek pertama, Kapal Api menguasai  pangsa pasar 60%. Apa kunci suksesnya? Paulus Nugroho, Managing Director PT Santos Jaya Abadi, menjelaskan, salah satunya kuncinya adalah inovasi, karena penikmat kopi mengalami evolusi.
Di tahun-tahun sebelumnya, banyak yang menikmati kopi sebagai hal yang biasa. Tapi sekarang orang, terutama anak muda mulai mengapresiasi kopi. Sehingga banyak kafe yang menyuguhkan specialty kopi. Sebagai market leader, tentunya tidak mau ketinggalan. Kafe Excelso pun mulai menawarkan specialty kopi. Kapal Api membidik segmen usia 20-35 tahun dan menyasar kelas A-C, tapi secara khusus lagi, Kapal Api ingin membidik kelas A dan B. Untuk itu, Kapal Api mengeluarkan produk premium yang kemasannya menggunakan kotak.
Menurutnya, aroma dan rasa Kapal Api khas sekali. Aroma khas Kapal Api langsung tercium ketika konsumen menyeduh kopi. Untuk itu, kualitasnya dijaga, jangan sampai berubah-ubah. “Banyak orang luar yang suka sekali Kapal Api dan membawanya sebagai oleh-oleh. Mereka bilang rasanya khas sekali. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri pun minta dibawakan oleh-oleh Kapal Api,” ujarnya sambil tertawa.
Kemudian, buat brand yang relevan dengan konsumen. Brand harus tahu apa kebutuhan konsumen, jika sudah tahu keluarkan inovasi produk untuk memenuhinya. SJA sendiri melakukan riset dan melihat kompetisi pasar baik dalam maupun luar negeri sebelum mengeluarkan produk baru. SJA juga mencoba membawa inovasi terbaru dari negara yang peminum kopinya terbesar untuk diperkenalkan di Indonesia.
Ke depannya, SJA akan melakukan edukasi ke internal mengenai kopi, cara mengetes kopi, sejarah kopi, dan lain-lain. Dan mungkin akan membuat museum kopi untuk menunjukkan bahwa SJA adalah ahli kopi. Pertumbuhan bisnis perseroan  cukup bagus. Di tahun lalu, membukukan pertumbuhan double digit. Produk Kapal Api sendiri berkontribusi 60% terhadap pertumbuhan perseroan. 

Kopi Kapal Api tahun 1920


Lambang tersebut mencerminkan penggabungan antara harapan baru, semangat juang, dan tentu saja teknologi. Pada masa itu, kapal api dianggap mewah dengan segala kecanggihannya. Kapal api sebagai transportasi laut yang membawa harapan dalam dunia perdagangan.

Kualitas dan kuantitas yang terjaga, membuat perusahaan ini maju dengan pesat. Bisnis kopi keluarga Go Soe Loet pun laris manis, bahkan awalnya cuma punya 10 pegawai bisa memiliki 1.500 pegawai. Cita rasa kopi yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia ini membuat Kopi Kapal Api mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat.
Kopi Kapal Api tahun 2014

Kopi Kapal Api Less Sugar memiliki komposisi kopi bubuk sebanyak 47%, berbeda dengan kopi Kapal Api special mix yang hanya 25%, namun netto dari ke 2 kopi ini,Kapala Api Less Sugar lebih sedikit yaitu sebanyak 19gram,sedangkan Kapal Api Special Mix sebanyak 25gram.
Mungkin kopi ini ditujukan untuk penikmat kopi yang menginginkan kadar gula yang rendah,yang otomatis konsumsi kalori lebih sedikit, mantap.
Kopi Kapal Api tahun 2017
Kapal Api Special Kemasan Sachet
Keunggulan kemasan sachet ini juga terletak pada takaran yang pas untuk sekali seduh. Jadi, kamu hanya perlu menuangkan air panas (90-95°C) sebanyak ±200 ml untuk mendapatkan secangkir kopi Kapal Api dengan aroma dan rasa yang jelas lebih enak.
Kapal Api Special Kemasan Ekonomis
Kapal Api Special Kemasan Ekonomis ditujukan untuk para pengusaha restoran, hotel, atau warung kopi yang ingin memanjakan para pelanggannya dengan kopi berkualitas, tetapi harga yang dibandrol tetap ekonomis. Hanya dengan Rp22.000, kamu sudah bisa membuat hingga 55 gelas kopi. Soal aroma dan rasa, kamu tidak perlu khawatir. Terbuat dari perpaduan biji kopi Arabika dan Robusta pilihan, aroma dan rasa kopi Kapal Api Special Kemasan Ekonomis ini tidak kalah dari kopi-kopi luar negeri dengan harga yang jauh lebih mahal. 


Kapal Api White Coffee Premium

Kapal Api White Coffee Premium sedikit berbeda dari dua varian kopi Kapal Api sebelumnya. Jika biji kopi yang digunakan pada kopi Kapal Api Kemasan Sachet maupun Ekonomis adalah perpaduan biji kopi Arabika dan Robusta pilihan, maka kopi Kapal Api White Coffee Premium memadukan kedua jenis biji kopi tersebut dengan krimer nabati. Selain itu, isi gramasi Kapal Api White Coffee Premium juga lebih banyak ketimbang dua jenis kopi sebelumnya. Oleh sebab itu, varian ini cocok untuk kamu yang menyukai kopi dengan rasa yang lebih kuat dan tajam. 


6. Inovasi Pada Kijang Inova


Toyota Kijang awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian  bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan Toyota dan merupakan kendaraan paling  populer untuk kelas minibus di Indonesia. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang. Sehingga berbagai varian dan generasi mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia. Kesuksesan Toyota Kijang telah berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru konsep dari Toyota Kijang (terutama dari segi nama hewan), misalnya Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda serta Daihatsu Zebra, namun para pesaing yang menirunya tidak mampu mengalahkan kesuksesan Toyota Kijang dalam melakukan terobosan inovasi. Saat ini Toyota Kijang menghadapi persaingan yang cukup ketat, sehingga inovasi dijadikanya strategi yang terbaik untuk bersaing. Hal ini terbukti dengan eksistensinya dan kepercayaan konsumen untuk menggunakan minibus Toyota Kijang.
Perubahan Inovasi Toyota Kijang
Generasi I (1975-1981).
Posisi pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat  perseneling untuk transmisi mesin yang sulit dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Toyota Corolla  pada zamannya dengan tipe 3K berkapasitas 1200 cc dengan transmisi 4 percepatan. Selain keluar dengan tipe mobil bak terbuka (pick up), mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang terutama dilakukan oleh  perusahaan-perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil-mobil niaga pada masa itu dimana rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung.
Generasi II (1981-1986)
Perjalanan mobil ini juga diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan diferential sekaligus menambah booster rem  pada tahun 1983. Toyota juga dikenal dalam perencanaan produknya sampai 5 tahun berikutnya yang dapat dilihat melalui pengembangan mobil ini. Pada tahun 1984 mengadakan perubahan  pada gril dan bumper, termasuk pemakaian lampu kotak. Lampu sein yang pada produksi awal masih terletak di bumper depan, kini naik ke grill mengapit tulisan TOYOTA .
Sampai tahun 1983, permintaan mobil ini tetap tinggi, sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam pemakaian. Pada generasi inilah, muncul dua tipe minibus yang dikerjakan oleh  perusahaan karoseri yang ditunjuk Astra, yaitu :
Ø  Family  : minibus 3 pintu (2 di depan dan 1 di samping kiri) dengan imbuhan "bagasi" di bagian belakang yang sejatinya sebuah bukaan pada tempat plat nomor. Pada tipe ini, semua kursi menghadap ke depan, dan dapat memuat 7  penumpang.
Ø  Commando  : minibus 5 pintu (dengan pintu paling belakang tipe ambulan yang terbagi dua membuka ke kedua sisi), dengan kursi paling belakang saling  berhadapan. Dapat memuat 8 penumpang. Tipe ini berlanjut sampai ke generasi III.

Generasi III (1986-1996)
Di masa ini, bisa dikatakan sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil  penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor meramaikan  pasar kendaraan di Indonesia serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300 dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. Toyota mengeluarkan dua tipe Kijang pada generasi ini yakni tipe Super Kijang dan Grand Extra dengan memiliki life cycle cukup panjang (lebih dari satu dekade) dibandingkan generasi sebelumnya.
Desain mobil ini memiliki bentuk lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun. Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan  penggunaan dempul dalam proses pembuatannya hingga 2 – 5 kg dempul per mobil. Mesin  pada awal generasi ini masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda (horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi menghadirkan 5  percepatan, dan 4 percepatan, yang sebelumnya hanya memakai 4 percepatan.
Generasi IV (1997-2004)



Kijang generasi keempat ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada Kijang yang dikenal sebagai Kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2400cc (tipe 2L) tanpa turbo milik Toyota HiAce yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran Indonesia.
Pada Kijang versi tahun 1997 - 1999, mesin bensin masih menggunakan karburator, barulah pada tahun 2000, tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel Injection (EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc  bertenaga 100 hp yang diambil Dari Toyota Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang dinilai lebih boros dibandingkan dengan tipe 7K-E.
Kijang 2000cc ini hanya terdapat pada tipe SGX, LGX, dan Krista. Untuk tipe LX, SX, dan pick-up keluaran 1997 - 1999, masih menggunakan transmisi manual 4 percepatan, sedangkan model lainnya menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Perubahan mesin ini dinamai New Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi "lampu kristal" yang menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX/SGX sebelumnya. Lampu model ini juga terdapat pada lampu belakang, desain  bumper baru, dan juga desain velg roda yang berbeda serta seatbelt (sabuk keselamatan)  pada jok penumpang bagian tengah (varian SSX/LSX dan SGX/LGX). Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya. Facelift terakhir mengubah bentuk lampu depan, lampu  belakang diberi hiasan ala Toyota Land Cruiser, bumper desain baru, kelir interior baru, desain setir baru serta menghilangnya varian Diesel tipe sasis pendek dan varian mesin 1800cc untuk tipe Krista.
Generasi V (2004-2008)
 Kijang Innova (2004 –  2008)
Kijang kembali diperbaharui pada tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama "Kijang Innova". Selain di Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama "Innova" (tanpa "Kijang"). Model ini telah mengalami perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility Vehicles  atau kendaraan kelas bawah, maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah. Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik , terutama di bagian depan kendaraan, dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti pada model-model sebelumnya.
                                                                                                                                                (Putri Gresia  17120019)
7.PRODUK SAMSUNG

Produk awal

Inovasi yang berkembang


     Perusahaan Samsung adalah salah satu penyedia terbesar di dunia teknologi . Dimulai sebagai perusahaan perdagangan ekspor berbagai produk dari Korea Selatan ke Beijing, Cina. Didirikan oleh Lee Byung-chul pada tahun 1938, Samsung secara bertahap berkembang menjadi korporasi multinasional yang sekarang ini. Kata Samsung berarti "tiga bintang" di Korea. Hal ini menjadi nama yang terkait dengan berbagai jenis dunia usaha di Korea Selatan dan di berbagai bagian dunia. Secara internasional, orang mengasosiasikan nama dengan elektronik, teknologi informasi dan pengembangan. Sejarah SamsungSejarah Samsung bermula pada tahun 1938 dimana Lee Byung-Chull (1910-1987) berasal dari keluarga pemilik tanah yang luas di daerah Uiryeong datang ke kota Daegu dan mendirikan Samsung Sanghoe, sebuah perusahaan perdagangan kecil dengan empat puluh karyawan yang berlokasi di Su-dong (sekarang Ingyo-dong).  Perusahaan yang di bangun Lee mengalami kemajuan dan ia memindahkan kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika pecah Perang Korea, Lee terpaksa meninggalkan Seoul dan memulai penyulingan gula di Busan sebagai nama Cheil Jedang. Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan membangun pabrik di Chimsan-dong, Daegu sebagai pabrik wol. Lee berusaha mendirikan Samsung sebagai pemimpin industri dalam berbagai bidang, seperti asuransi, sekuritas, dan ritel. Pada akhir 1960-an, Samsung Group mulai berkembang menjadi industri elektronik dan membentuk divisi elektronik, seperti Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mechanics Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon. Produk pertama adalah satu set televisi hitam-putih. Pada tahun 1980, Perusahaan Samsung membeli Hanguk Jeonja Tongsin di Gumi, dan mulai membangun perangkat telekomunikasi. Produk awalnya adalah Switchboards. Fasilitas ini telah berkembang menjadi sistem manufaktur telepon dan faks dan menjadi pusat manufaktur ponsel Samsung. Mereka telah menghasilkan lebih dari 800 juta ponsel.
     Perusahaan mereka dikelompokkan bersama di bawah Samsung Electronics Co, Ltd pada 1980-an. Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, investasi yang penting dalam mendorong perusahaan untuk terdepan dalam industri elektronik global. Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal, pada tahun 1984, samsung membangun sebuah pabrik di New York, pada tahun 1985, samsung membangun sebuah pabrik di Tokyo, pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas di Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada tahun 1996. Secara total, Samsung telah menginvestasikan $ 5,6 milyar di Austin – sejauh ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dan salah satu investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat. Investasi baru samsung di Austin totalnya menjadi lebih dari $ 9 miliar. Samsung mulai bangkit sebagai perusahaan internasional pada 1990-an. cabang konstruksi Samsung mendapatkan kontrak untuk membangun satu dari dua Petronas Towers di Malaysia, Taipei 101 di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993., Lee Kun-hee menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, dirampingkan perusahaan, dan operasi lainnya bergabung untuk berkonsentrasi pada tiga industri yaitu elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Grup Samsung membeli kembali Sungkyunkwan University foundation. Dibandingkan dengan perusahaan besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997 yang relatif tidak berpengaruh besar.
     Namun, Samsung Motor dijual kepada Renault karena mengalami kerugian yang signifikan. Pada tahun 2010, saham Renault Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen dimiliki oleh Samsung. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari tahun 1980-an 1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace Industries (KAI) , hasil penggabungan antara lalu tiga divisi aerospace domestik utama Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan Aircraft Company. Samsung menjadi produsen terbesar memory chips di dunia pada tahun 1992, dan pembuat chip dunia terbesar kedua setelah Intel. Sepuluh tahun kemudian, Samsung tumbuh menjadi produsen terbesar di dunia membuat panel layar liquid-crystal. Pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan antara Samsung dan Sony dalam rangka menyediakan pasokan yang stabil dari panel LCD untuk mereka dan mengoperasikan pabrik-pabrik serta membangun fasilitas di Tangjung, Korea Selatan. Samsung Electronics mengungguli Sony sebagai salah satu merek yang paling populer di dunia konsumen elektronik pada tahun 2004 dan 2005, dan sekarang peringkat ke 19 di dunia secara keseluruhan. Samsung menjadi perusahaan terbesar kedua setelah Nokia dengan volume dunia produsen ponsel terutama pangsa pasar terkemuka di Amerika Utara dan Eropa Barat. Keberhasilan Samsung sebagai sebuah penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan puluhan seperti Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung Semikonduktor dan Telekomunikasi.  Dengan cara ini diaspal menuju terus kuat di pasar internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap rumah. Perkembangan ini berlanjut saat dekade berikutnya sebagai Samsung terus melampaui batas dan restrukturisasi rencana bisnis untuk mengakomodasi adegan global. Mengadopsi bentuk baru manajemen terbukti menjadi perpindahan yang bijaksana bagi perusahaan sebagai produk berjalan mereka pada daftar harus top-have dalam berbagai bidang mereka. TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk teknologi tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka berkualitas tinggi. Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993, menjadi yang terbaik di dunia. Metode yang sangat baik perusahaan pengendalian kualitas inilah yang membuatnya berhasil dalam menyediakan hanya produk terbaik untuk seluruh dunia. Ini berlaku sebuah "Berhenti Line" sistem dimana setiap orang bisa menghentikan proses produksi dalam hal bahwa produk ditemukan kurang lancar. Untuk saat ini, terus Samsung mempertahankan statusnya sebagai operator terbaik di dunia  "itu" teknologi. Its tenaga kerja berkualifikasi tinggi masih mengupayakan yang terbaik dalam bidangnya masing-masing membuat keseluruhan perusahaan sukses besar dalam pembuatan. Rahasia sukses terus perusahaan dalam peningkatan konstan struktur manajemen dan penerapan filosofi-nya: "Kami akan mencurahkan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan jasa, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat global yang lebih baik."
     Produk pertama samsung adalah "telivisi hitam putih" kini merambah ke ponsel dengan jumlah produk yang paling terbanyak dan berbagai spesifikasi yang menarik setiap jenis nya,kemudian TV dengan fitur fitur terbaik dan terpopuler,kulkas,mesin cuci,vacuum cleaner,speaker,chips memori,headset,microwave,sound system dan masih banyak lagi.Keinovatifan membuat para pegawai terus berkarya dan meningkatkan kreativitasnya.
8.PRODUK CITRA


 Citra adalah merek lokal di Indonesia yang mempunyai visi untuk menjadi merek perawatan kulit lengkap yang memberikan kecantikan alami secara keseluruhan. Selama 30 tahun, Citra sudah berevolusi dan melahirkan berbagai inovasi untuk menjaga komitmennya dalam memahami serta memenuhi kebutuhan wanita Indonesia yang menginginkan kulit cantik terawat yang sehat. 1984 – 1994 Citra pertama kali dikenal oleh wanita Indonesia pada tahun 1984.
             Di awal kehadirannya, Citra cukup identik dengan kandungan Mangir, yang merupakan warisan dari rahasia kecantikan puteri keraton Jawa. Dengan berbagai varian produknya seperti sabun batang, cleansing foam, serta body lotion, Citra menjaga kelembaban kulit agar tetap halus,lembut, dan kuning langsat. 1995 – 2004 Pada masa ini, Citra mulai meremajakan diri dan menyasar pangsa pasar yang lebih muda. Kesan tradisional yang dahulu sangat melekat, mulai perlahan tergantikan sesuai perkembangan zaman. Dengan menghadirkan varian baru yang mengandung bengkoang, Citra mencerahkan kulit wanita Indonesia. 2005 – KINI Untuk memenuhi kebutuhan wanita Indonesia modern yang beragam, Citra menghadirkan formula baru yang terinspirasi dari rahasia kecantikan Asia. Kandungan seperti Beras Jepang, Royal Jelly Korea, Bubuk Mutiara Cina, Goji Berry, Teh Hijau Jepang, Rumput Laut Jepang dan Bunga Anggrek Korea yang secara turun temurun dipercaya dapet merawat kecantikan wanita, kini hadir dalam rangkaian perawatan Citra.Berjalannya waktu diiringi perkembangan teknologi, produk Citra makin banyak pesaing dengan produk-produk serupa yang bermunculan di Indonesia. Akan tetapi produsen Citra mampu bertahan dengan selalu mengeluarkan produk yang lebih inovasi strategis yang berkaitan dengan konsumennya agar visi dan misi dapat terarah dengan baik.
     Kini produk citra mempunyai banyak inovasi terbaru sehingga mampu melewati banyak saingan,adapun produk citra berupa handbody lotion,sabun,facial foam,body wash dan cream pencerah wajah dengan varian nutrisi yang terkandung dalam produk tersebut.
                          (Putri Simanjuntak 17120025)
9.Inovasi dari produk TEH BOTOL SOSRO



PT Sinar Sosro merupakan salah satu perusahaan yang dapat menjadi contoh yang baikdalam hal inovasi. Sudah hamper 30 tahun perusahaan tersebut berdiri, mulai dari perusahaan kecil yang menjual ide “gila” dengan memasukkan Teh ke dalam botol, mendobrak pandangandan budaya orang pada waktu itu (1970) tentang cara meminum Teh, hingga tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan besar bahkan berskala internasional hingga seperti yang kita kenal sekarang ini.
Inovasi dalam hal varian produk sangat kental terlihat pada PT Sinar Sosro, hingga kini PT Sinar Sosro telah memproduksi berbagai macam jenis minuman ringan dengan merek-mereksebagai berikut: Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Prim-A, Happy Jus, S-Tee, Freso, Tebs, Teh Celup Sosro dan Teh Cap Botol. Banyaknya varian ini dikelola dengan baik oleh PT Sinar Sosro.Seperti disebutkan di atas, beberapa brand ini merupakan brand yang menciptakan pasarnya sendiri dan sangat efektif dalam menghadapi serangan-serangan brand perusahaan lain. Dengan manajemen brand yang baik, PT Sinar Sosro mampu mengelola brandnya sehingga brandtersebut tidak akan menjadi kanibal atau pemangsa sesama produk dari PT Sinar Sosro, dan yang paling mengesankan adalah brand equity Teh Botol Sosro tetap yang paling cemerlang dan berjaya di pasaran. Hal ini cukup membuktikan bahwa inovasi merupakan jawaban dari segala tantangan yang ada dalam mempertahankan keberlangsungan suatu produk.

10.Kreativitas dari SABUN SHINZU’I


PT Bina Karya Prima telah memulai usaha mereka sejak tahun 1981. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam memproduksi produk sabun dan minyak goreng. PT Bina Karya Prima atau BKP juga diakui sebagai perusahaan bisnis kelapa sawit yang ternama di Indonesia. Brand produk mereka sudah terkenal dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. BKP tetap memegang komitmen, tanggung jawab, untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Mereka juga tidak kenal lelah dalam melakukan pengembangan dan membuat inovasi baru dalam produk yang dihasilkan. BKP menjaga konsistensi kualitas produknya dengan memanfaatkan fasilitas manufaktur moderen serta riset dan pengembangan yang berkelanjutan.
Shinzu'i merupakan salah satu brand produk dari BKP. Merupakan brand produk perawatan kulit yang ternama di Indonesia. Shinzu'i dibuat dengan formulasi yang alami, dengan menggunakan minyak Herba Matsu dari Jepang. Minyak ini merupakan minyak essensial berharga yang diambil dari jamur Matsutake. Dengan bahan alami ini, produk Shinzu'i bermanfaat dalam mencerahkan kulit, membuat kulit lebih lembut dan putih. Shinzu'i hadir dengan 6 aroma bunga khas dari Jepang. Antara lain bunga Sakura, Matsu, Kirei, Hana, Myori, dan Kensho. Rangkaian produk pemutih kulit dari Shinzu'i meliputi produk sabun batangan, body cleanser, body lotion, facial wash, compact powder, dan body scrub.
                                          (Rahel 17120027)
11.Energen - Cereal untuk Tambahan Energi


Energen adalah minuman susu dan sereal yang cocok untuk menghilangkan rasa lapar. Minuman ini juga mengandung karbohidrat, paduan vitamin, mineral dan protein yang dibutuhkan tubuh dalam komposisi yang tepat. Rasanya ada beberapa macam seperti kacang hijau, vanilla dan coklat. Semua sama enaknya tergantung selera saja. Kalau minum 1 gelas saja sudah terasa, seperti perasaan lapar sudah hilang karena perut sudah terisi. Kalau untuk sarapan kurang cocok, tapi kalau lagi buru – buru minuman cereal ini membantu menjaga kondisi badan agar perut tetap terisi biar tidak masuk angin.
Energen adalah susu dan sereal yang diperkaya sigmavit, yaitu paduan vitamin, mineral dan protein dalam jumlah dan komposisi yang tepat yang dibutuhkan tubuh dalam fase pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan kesehatan.
Energen memberi nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang praktis dan enak. Energen adalah susu dan sereal penuh nutrisi, padat gizi dan berserat alami sesuai untuk menambah asupan gizi anda sekeluarga. Susu sereal yang diproduksi oleh
PT. Kakao Mas GemilangPO BOX 6138 Jakarta 11061 ini juga telah lulus ujian coba BPOM RI MD 651510005071
Cara penyajiannya tergolong mudah tidak sampai 1 menit yaitu tinggal tuangkan 1 sachet energen ke dalam gelas, tambahkan air panas / hangat 150ml, aduk hingga merata, minuman energen sudah siap diminum. Jadi memang terbilang praktis.
Cara Penyajian tergolong mudah sbb :
- Tuangkan Energen ke dalam gelas.
- Tambahkan 150 ml air hangat, aduk hingga merata.
- Energen hangat siap diminum.

Komposisi :
Gula, Krimer, Susu bubuk, Terigu, Kakao bubuk, Jagung, Oat, Ekstrak malt, Telur, Garam, Kalsium, Vitamin.

Informasi Nilai Gizi (per sajian) :
Takaran saji : 1 sachet (30g)
Energi total : 130 kkal
Energi dari lemak : 30 kkal
Lemak Total 3,5 g 6% AKG
Lemak Jenuh 1,5 g 8% AKG
Kolesterol 0 g 0%
Protein 1 g 2% AKG
Karbohidrat total 24 g 8% AKG
Serat pangan 1 g 4% AKG
Gula 18 g
Natrium 140 mg 6% AKG
Vitamin A 30%AKG
Vitamin B1 15%AKG
Vitamin B2 10%AKG
Vitamin B6 20%AKG
Asam Folat 15%AKG
Vitamin B12 25%AKG
Vitamin D 15%AKG
Vitamin E 15%AKG
Kalsium 20%AKG

%AKG berdasarkan kebutuhan energi sebesar 2000 kkal / hari.
Kebutuhan energi ini bisa berbeda setiap orangnya, bisa lebih tinggi / rendah tergantung pekerjaan yang dilakukan.
            Pada saat awal produksi susu bersereal ini hanya memiliki 1 varian rasa saja, yaitu rasa coklat. Tetapi sekarang susu Energen Cereal, produk minuman instant serbuk sereal yang punya tagline 'minum makanan bergizi' ini, punya varian rasa baru,  yaitu Energen rasa Jagung. Dengan adanya varian rasa baru ini, Energen memiliki total lima varian rasa, yaitu Energen rasa cokelat, Energen rasa kacang hijau, Energen rasa vanila, Energen rasa jahe, dan Energen rasa jagung.

12.Pepsodent


Pepsodent adalah salah satu merek pasta dan sikat gigi dari Unilever. Pepsodent adalah pasta gigi yang tertua di Indonesia. Pepsodent pertama kali diluncurkandi Inggris pada dekade 1920-an dan menyebar ke negeri-negeri jajahannya termasuk Hindia Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia), dan Temasek (Singapura). Pepsodent adalah salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan, ketika Unilever memasuki pasaran Indonesia di era penjajahan, sekitar dasawarsa 1930-an. Slogannya adalah Senyum Mengubah Segalanya.
Perjalanan panjang Pepsodent menunjukkan semakin kuatnya brand ini. Berbagai upaya yang telah dilaksanakan Unilever berbuah manis.Pepsodent pada awal launching melaksanakan positioning pada gigi lebih putih dan sehat yang selanjutnya disempurnakan sebagai perawatan gigi.Pepsodent kemudian dilengkapi dengan baking soda, setelah sebelumnya sukses dengan Pepsodent Zinc zitrate dan Triclosant. Beberapa tahun sebelum sukses dengan nilai tambahan tersebut, telah sukses dengan floride dan kalsium, sehingga terakhir ini fluoridedi tambah menjadi Fluoride bicarbonate calcium. Bahkan di perluas dengan Fluoride washmouth. Dalam mengembangkan pemasaran, Pepsodent menggunakan product life cycle strategi.
Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian produk life cycle strategi, juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa, warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya yakni dewasa dan anak-anak. Selain itu warnanya disesuaikan dengan warna-warna trendi, yakni putih dan hijau baik isi maupun kemasannya.
Semakin berkembangnya zaman mendorong Pepsodent untuk semakin meningkatkan kualitas produknya dan sedapat mungkin menekan biaya produksi. Selain itu, karena adanya berbagai permintaan konsumen, maka Pepsodent mengembangkan produknya dengan menciptakan berbagai jenis, misalnya pepsodent herbal, pepsodent triple action, pepsodent plus whitening, pepsodent complete care.Sukses pepsodent bukan tidak diikuti oleh pesaing-pesaing, baik lama maupun baru grup orang tua hampir serupa dalam mengikuti gerak-geriknya terutama dengan 2 merek yang dimilikinya yakni Formula, dan sikat giginya.
Kesuksesan Pepsodent tentunya menjadikan pabrikan lain terus mengembangkan produknya. Beberapa pesaing yang dihadapi Pepsodent antara lain Colgate (Palmolive, Amerika), Darlie (Hawley dan Hazel, Hongkong), Oral-B (Oral-B limited, Australia), dan Ciptadent (Lion corporation, Jepang) dan juga Cusson Kids, Zwitsal, dan Pigeon untuk pangsa pasar anak – anak.
                            (Paskah 17120056)
1.      InovasidariprodukRICE COOKER TOSHIBA



Rice Cooker ditemukanpertama kali oleh Yoshida Minami. Awalnya, padatahun 1937 alatinipertama kali dikembangkanolehtentaraJepang. TentaraJepangsaatitumenggunakanwadahkayu dan lempenganlogamuntukmenanaknasi. Wadahkayu yang terusdihantarkanpanasolehlempenganlogamakanmembuatnasimenjadimatang, namunternyatahaltersebutmemakanwaktu yang sangat lama mengingatwadahtersebuttidakdilengkapidenganpenutup.Untukmempersingkatwaktu yang digunakan, alattersebutakhirnyadilengkapiolehpenutup, halitu pun suksesmembuatwadahtersebutbisamenyerapuappanas yang keluardarinasi dan tidakmembiarkanuaptersebutkeluarbegitusaja. Hasildaripenyempurnaanalatiniakhirnyamembuat Mitsubishi memiliki ide untukmengembangkannyamenjadiproduk yang lebihsempurna. JikatentaraJepangmenggunakanwadahkayuuntukmenanaknasi, maka Mitsubishi mencetuskan ide untukmenggantiwadahkayudenganalumunium yang bisamenghantarkanpanaslebihtinggi. Akhirnya, produkini pun menjadisangatefektifuntukmenanaknasikarenabahanalumunium dan jugapenutup yang bisamemanfaakanuappanasdariproduktersebut. Padatahun 1945, Mitsubishi pun memproduksialatinisecaramasal.
Rupanyasejarah rice cooker tidakberakhrsampaidisitu. Padatahun 1956, Toshiba pun ikutmengembangkanproduktersebut dan menyempurnakannyamenjadialat yang lebihefektifuntukmenanaknasi. Toshiba menyempurnakan rice cooker dengancaramembuatprodukituberhentibekerjasaatnasibenar-benarmatang. Hal tersebutmenjadipenemuanbesar di dunia. Sejaksaatitu pun rice cooker menjadialat yang sangatotomatisuntukmenanaknasi. Inovasidari Toshiba ini pun bisamembuatproduktersebutmenjadilebihamansaatdigunakan. Akhirnya, Toshiba padasaatitu rata-rata memproduksi 200 ribu rice cooker setiapbulannya. Perkembangannya pun begitupesat. Hampir 50 % wargajepangmemiliki rice cooker di rumahnyamasing-masing.
Setelahberkembangpesat di negaraJepang, produkpenanaknasiini pun akhirnyabisamenembuspasardunia. Fungsinyajugadikembangkanmenjadilebihbaik. Selainuntukmenanaknasi, rice cooker pun jadibisadigunakanuntukmenghangatkannasi, menghangatkansayur, dan sebagainya. Namun, alatinitetapmenggunakantenagalstrikuntukbisadigunakan.

2.      KreativitasdariHAIR DRYER

Pengeringrambutpertamadipatenkanoleh Gabriel Kanzajian di Amerikapada 1911. Pengeringrambutportabelmampudijualkepubliksekira 1915 denganberat rata-rata dua kilogram dan sedikitsulitdioperasikan.Hair dryer portabelcukupberbahayakarenarawanakantersengatlistrik dan overheating. Alattersebutjugatidakcukupefisienkarenaawalnyahanyamemilikikapasitas 100 watt, lalusebuahkemajuandengan hair dryer modern yang memilikikapasitas rata-rata 1.800 watt dan beberapa model lain yang menyediakanlebihdari 2.000 watt.
Seiringberjalannyawaktu, pengusaha hair dryer mampumeningkatkan watt dan menghasilkan hair dyer yang jauhlebihringandarisebelumnya. SebagaicontohadalahSedu hair dryer. Selamaberinovasisepanjang 1960 di industriplastik, memungkinkansuatuperusahaanmemproduksi hair dryer yang lebihringandenganmesin yang bergerakdi dalam casing.Selamaberinovasi di 1970, dilakukanpengamananuntuk hair dryer. Konsumer Product Safety Commission menetapkanperaturan yang harusdiikutiolehperusahaandalamproduksipengeringkomersial.
Tahun 1991 Undang-undang di AS meminta agar pengeringtersebutmenggunakan alas untukmencegahterjadinyasengatanlistrikjikaseseorangmenggunakandalamkeadaanbasah. Karenaperaturanitulahtingkatkematian yang disebabkanpengeringportabelmenurun di abad ke-20, dariratusaninsidenmenjadiempatinsidendalamsetahun.
Kinipengeringrambutsudahsemakinmembaikdenganteknologi yang inovatiftermasukturmalin dan pengeringionikdenganpengaturanpanas dan kecepatannya. Pengering kali inibahkanbisamengeringkanrambutdaridalamkeluardenganmengurangijumlahstatis di rambut dan memecahkanmolekul air denganwaktupengeringan yang lebihcepat.
(Otniel 17120008)


           









































Comments