“TUGAS KEEMPAT TENTANG INOVASI DAN KREATIVITAS YANG TERDAPAT PADA SUATU PRODUK”
“TUGAS KEEMPAT TENTANG INOVASI
DAN KREATIVITAS YANG TERDAPAT PADA SUATU PRODUK”
§ OTNIEL SIANTURI
17120008
§ NISA DWIJAYANTI 17120011
§ PUTRI GRESIA SIMATUPANG 17120019
§ NOVALINA PARDEDE 17120020
§ PUTRI D S SIMANJUNTAK 17120025
§ RAHEL YOLANDA SIDABUTAR
17120027
§ PASKAH BUTAR BUTAR 17120056
s
PT
Indofood Sukses Makmur (Indomie)
about
kreatif dan inovasi
Usaha
inovatif yang mau saya bahas kali ini adalah Indomie, Kenapa indomie? karna
menurut saya indomie yang menghadirkan banyak rasa adalah suatu hal yang
inovatif sekali. Sesuai minat konsumen yang mulai berkembang indomie pun
mengikuti pasar dan minviptakan inovasi – inovasi rasa yang kian beragam,
rasa-rasa yang ada di sekarang adalah berikut ini:
Jenis – jenis Indomie
« Indomie Goreng
« Indomie Selera Nusantara
« Indomie Keriting
« Indomie Taste of Asia
Dengan
begitu banyak nya rasa yang di hadirkan indomie, PT Indofood Sukses Makmur
mengetahui betul bagaimana untuk memenuhi kepuasaan pelanggan hingga dapat
memuaskan selera konsumen indonesia yang berbeda-beda daerah nya hingga sampai
saat ini masyarakat indonesia dimana pun mereka akan pergi selalu membawa
indomie sebagai bawaan wajib untuk mereka, hingga pergi keluar negri pun
masyarakat kita pasti akan membawa indomie di barang bawaan mereka, Sekian
tentang Indomie yang sangat pintar dalam menghasilkan inovasi – inovasi.
Honda
BeAT merupakan matic paling terjangkau yang dijual Honda untuk saat ini,
peminatnya sungguh luar biasa. Data dari wholesale yang merupakan angka
distribusi dari pabrik ke dealer di seluruh Indonesia, BeAT mencatatkan ratusan
ribu unit setiap bulan-nya.Penggunanya sangat beragam, mulai kaum hawa sampai
adam menggunakanya, dari yang tua “emak-emak” sampai kebanyakan yang muda,
memang motor ini sepertinya ditargetkan untuk kaum muda.
Menarik
untuk BlogOtive membahas generasi Honda BeAT dari masa ke masa, mengetahui
bagaimana upaya pabrikan untuk menciptakan life-cycle motor ini sehingga masih
bisa bertahan sampai saat ini, berikut adalah..
Generasi
Honda BeAT dari tahun ke-tahun
Era
motor matic mulai tumbuh, membuat pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan
yang terbaik. Bermula saat kubu rival, Yamaha memperkenalkan Mio generasi
pertana pada tahun 2003 dan menuai sukses beberapa tahun setelahnya, Honda-pun
pada akhirnya membuat tandingan melalui Honda BeAt.
2008
– BeAT Karburator Generasi pertama
Sejarah
Lahir BeAT di mulai tahun 2008, Honda BeAT diperkenalkan di Indonesia secara perdana
oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di tahun 2008, meskipun ini bukan pertama kali
di dunia.
Honda
Thailand sudah terlebih dahulu memperkenalkan skutik model seperti ini, namun
dengan nama Icon.
Motor
ini menggunakan mesin 110 cc, SOHC dengan sistem pembakaran yang masih
karburator. Untuk mengenali motor ini, ciri khas BeAT keluaran pertama memiliki
spakbor yang posisinya di bawah, menatu bersama suspensi teleskopik layaknya
motor sport.
2010
– BeAT Karbu Update Facelift
Honda
BeAT tahun 2010
Pada
akhirnya, Honda memberikan update dua tahun setelah motor ini pertama kali
rilis. Update-nya cukup minor change, rubahan kecil saja atau biasa kita sebut
sebagai facelift.
Honda
BeAT disempurnakan dengan tapak pembonceng yang lebih lebar dan perubahan posisi
spakbor depan dari yang menempel di bawah menjadi menggantung dibawah segitiga,
kendati demikian untuk mesin masih sama pakai sistem karburator.
2012
– BeAT Injeksi PGMFI
Honda
BeAT tahun 2012
Pada
tahun 2012, Honda membenamkan mesin baru dengan merubah sistem pembakaran dari
Karburator menjadi Fuel Injection, hasil pengembangan insinyur Honda yang
disebut PGM-FI.
Dalam
hal ini, mereka berani mengklaim mesin barunya bisa menghemat BBM 30% lebih
irit daripada BeAT karburator.
Honda
BeAT tahun 2014
Sistem
Injeksi PGMFI di Honda BeAT mendapat fitur tambahan eSP pada tahun 2014, Honda
kembali merombak BeAT dengan membenamkan teknologi baru untuk dapur pacunya,
fiturnya ini dinamakan dengan ESP (Enhanced Smart power).
Teknologi
eSP mencakup penerapan roller rocker arm dan offset cylinder serta memiliki
fitur unggulan seperti Mati Otomatis atau Idling Stop System (ISS) dengan ACG
Starter yang minim suara atau bersuara halus ketika di starter serta pengereman
kombinasi Combi Brake System (CBS).
Tenaga
mesin naik, fitur baru namun konsumsi BBM lebih irit lagi. Di tahun 2014, Honda
juga menambah satu varian BeAT lagi menjadi BeAT eSP dan BeAT POP eSP yang
punya tampilan lebih terlihat membulat dan ramping.
2016
– BeAT Update Facelift All New (sampai saat ini)
Dua
tahun berikutnya, di tahun 2016 PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM
memberikan update lagi perubahan facelift yang lebih signifikan berstatus All
New.Masih menggunakan mesin yang sama yang mulai dipakai sejak tahun 2014,
Honda BeAT memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih longgar; bagasi lebih luas
dan tanki BBM lebih besar menjadi 4 liter.Selain itu, Speedometer di rubah
dengan perpaduan Analog dan Digital plus penambahan ECO Indicator dan Headlamp
serta Casting Wheel (velg) desain baru yang lebih sporty.
Di
tahun 2016, Honda juga menambah 1 varian BeAT lagi yang lebih bernuansa “lebih
laki-laki” yakni BeAT Street dengan stang semi-flat terbuka (tanpa cover)
seperti halnya motor naked.
Jadi itulah dia masdab Generasi Honda BeAT eSP dari masa ke masa menurut catatan BlogOtive, berikut saya sudah dingkas kesimpulanya.
(Nisa 17120011)
3. Mitu Baby Liquid Powder, Inovasi Baru Bedak Bayi yang Lebih Sehat
Anda pasti seringkali gemas
melihat bayi atau anak-anak yang tampil dengan bedak berlepotan di wajah mereka
usai mandi. Anda bahkan tak segan melakukan hal serupa pada buah hati Anda.
Namun, Anda sudah tahu, kan, kalau pemakaian bedak kini dapat lampu merah
karena berbahaya untuk pernapasan bayi?
Bedak
tabur adalah salah satu perlengkapan yang tidak pernah luput dari seorang bayi.
Tidak hanya menjaga kulit bayi tetap kering, pemakaian bedak juga membuat tubuh
bayi jadi lebih wangi dan halus. Sayangnya, dalam studi yang dilakukan oleh
American Pediatric Association (AAP) tahun 2017, penggunaan bedak tabur bayi
sudah tidak lagi direkomendasikan.
Itu
karena partikel bahan mineral (talc) dalam bedak dapat terhirup dan berbahaya
untuk sistem pernapasan bayi, terlebih dalam jangka waktu lama dan kemudian
mengendap. Mitu Baby akhirnya hadir memberikan solusi untuk masalah ini.
Lewat
talkshow bertajuk Cara Rawat Si Kecil ala Moms Zaman Now, Mitu Baby meluncurkan
inovasi mereka dalam mengatasi masalah bedak bayi dalam bentuk produk Mitu Baby
Liquid Powder. Bedak cair dalam bentuk losion itu hadir untuk seluruh bayi
Indonesia.
]Produk ini terbukti aman dan tidak menimbulkan risiko gangguan pernapasan karena memiliki tekstur yang tidak mengandung partikel bedak. Berdasarkan hasil uji di rumah Home Tester Club (Lembaga Survei Independen) terhadap 519 anggota pada Maret 2019, terbukti kalau 9 dari 10 ibu setuju kalau Mitu Baby Liquid Powder lebih aman untuk pernapasan bayi dibandingkan bedak tabur.
Mitu
Baby Liquid Powder, Inovasi Baru Bedak Bayi yang Lebih Sehat
Anda
pasti seringkali gemas melihat bayi atau anak-anak yang tampil dengan bedak
berlepotan di wajah mereka usai mandi. Anda bahkan tak segan melakukan hal
serupa pada buah hati Anda. Namun, Anda sudah tahu, kan, kalau pemakaian bedak
kini dapat lampu merah karena berbahaya untuk pernapasan bayi?
4.
Markorbar Inovasi dan kreatif Martabak Kekinian
Jika martabak manis yang biasanya buka pada petang hingga malam hari menggunakan bahan dan isian yang biasa seperti keju, kacang, meses, dan isian lainnya. Sekarang bermunculan inovasi martabak yang berbeda dan unik yang banyak membuat orang penasaran dan ingin mencoba mencicipinya, mulai dari bahan pembuatannya maupun isiannya. Berikut ini ulasan inovasi kreatif martabak.
Jika martabak manis yang biasanya buka pada petang hingga malam hari menggunakan bahan dan isian yang biasa seperti keju, kacang, meses, dan isian lainnya. Sekarang bermunculan inovasi martabak yang berbeda dan unik yang banyak membuat orang penasaran dan ingin mencoba mencicipinya, mulai dari bahan pembuatannya maupun isiannya. Berikut ini ulasan inovasi kreatif martabak.
MARKOBAR
adalah singkatan dari MARtabak KOta BARat yang berasal dari kota Solo Jawa
Tengah. MARKOBAR berdiri sejak tahun 1996 dengan konsep jualan kaki lima.
Awalnya MARKOBAR adalah bisnis keluarga generasi kedua yang dipegang oleh Arif
Setyo Budi kemudian dikembangkan dengan berbagai inovasi oleh GIBRAN RAKABUMING
RAKA putra sulung Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo. MARKOBAR sendiri saat
ini fokus berbisnis pada kudapan martabak manis dengan sentuhan inovasi yang
kekinian.
Beberapa
tahun belakangan ini jajanan martabak menjadi primadona dan naik kelas.
Terutama jenis martabak terang bulan atau martabak manis yang populer di
kalangan anak muda. Lewat inovasi bentuk dan aneka rasa atau topping, martabak
menjadi jenis kuliner yang naik pamor dan melejit lagi.
Kesuksesan
MARKOBAR Solo membawa Gibran membuka cabang di Jakarta dan berbagai kota di
Indonesia. MARKOBAR berbentuk seperti pizza yang bisa dinikmati per slice.
MARKOBAR
8 RASA menjadi menu spesial dan menjadi favorit banyak orang. Terdapat 8 slice
atau potong martabak yang terdiri dari 8 topping berbeda. Seperti Ovomaltine,
Cadburry, keju Kraft, Kitkat, Oreo, Silverqueen, Nutella, Hershey's. Dengan
berbagai merek cokelat favorit, kini kita bisa menikmati cokelat lezat dengan
harga spesial.
Keunikan
MARKOBAR terletak pada :
√
Jenis martabak manis yang tidak dilipat seperti pizza.
√
Cara memasak yang berbeda dari toko martabak lain.
√
Adonan yang tepat (ragi & baking soda) sehingga menghasilkan tekstur
martabak terbaik.
√
Bahan yang berkualitas membuat kekentalan adonan yang tepat dan sangat empuk.
√
Harga Markobar terjangkau untuk martabak kekinian sekelasnya dan sepadan dengan
jumlah yang dibayar.
√
Juicy, karena mengandung banyak mentega dan topping manis yang meleleh seperti
coklat Toblerone, Kitkat, dan Nutella.
(Novalina
17120020)
5. Inovasi, Kunci Sukses Kopi Kapal Api
Sejarah kopi Kapal Api dimulai
di pada tahun 1920 ketika Goe Soe Loet datang ke Indonesia. Ia lalu mulai
menjual kopi bubuk tanpa merek di Surabaya. Di tahun 1957, generasi kedua mulai
mengembangkan bisnis dengan menggunakan merek dagang Kapal Api. Kemudian,
anak-anaknya ini mendirikan PT Santos Jaya Abadi di tahun 1979. Dari situlah Kapal
Api mulai berkembang hingga sekarang.
PT Santos Jaya Abadi
(SJA) menaungi beberapa merek baik produk kopi, sereal, biskuit maupun
permen. Untuk kopi, SJA memiliki merek Kapal Api, Good Day, Excelso, Kopi Ya,
Kopi ABC, Fresco, Kopi Kapten dan Kopi Santos. Untuk sereal merek yang diusung
adalah Ceremix. Untuk permen merek yang dinaungi ada Espresso, Gingerbon, Say,
Bontea Green, dan Relaxa. Terakhir, untuk kategori biskuit, merek yang dinaungi
adalah Delby’s kopyor dan Oatbits.
Dalam perkembangannya, terbentuklah
anak perusahaan untuk mendukung bisnis Kapal Api, yakni PT Agel Langgeng yang
menjual permen dan biscuit, Excelso Café yang merupakan kafe, PT Fastrata Buana
sebagai perusahaan untuk distribusi produk ke seluruh Indonesia, PT Sulotco
Jaya Abadi yang mengoperasikan perkebunan kopi, PT Santos Premium Krimer yang
memproduksi krimer dan PT Weiss Tech yang memproduksi mesin produksi kopi.
Untuk memperkuat rencana ekspansi perusahaan, didirikanlah Kapal Api Global di
tahun 2009.
Sebagai pionir kopi kemasan
bermerek pertama, Kapal Api menguasai pangsa pasar 60%. Apa kunci
suksesnya? Paulus Nugroho, Managing Director PT Santos Jaya Abadi, menjelaskan,
salah satunya kuncinya adalah inovasi, karena penikmat kopi mengalami evolusi.
Di tahun-tahun sebelumnya,
banyak yang menikmati kopi sebagai hal yang biasa. Tapi sekarang orang,
terutama anak muda mulai mengapresiasi kopi. Sehingga banyak kafe yang
menyuguhkan specialty kopi. Sebagai market leader, tentunya tidak mau
ketinggalan. Kafe Excelso pun mulai menawarkan specialty kopi. Kapal Api
membidik segmen usia 20-35 tahun dan menyasar kelas A-C, tapi secara khusus
lagi, Kapal Api ingin membidik kelas A dan B. Untuk itu, Kapal Api mengeluarkan
produk premium yang kemasannya menggunakan kotak.
Menurutnya, aroma dan rasa
Kapal Api khas sekali. Aroma khas Kapal Api langsung tercium ketika konsumen
menyeduh kopi. Untuk itu, kualitasnya dijaga, jangan sampai berubah-ubah.
“Banyak orang luar yang suka sekali Kapal Api dan membawanya sebagai oleh-oleh.
Mereka bilang rasanya khas sekali. Orang Indonesia yang tinggal di luar negeri
pun minta dibawakan oleh-oleh Kapal Api,” ujarnya sambil tertawa.
Kemudian, buat brand yang
relevan dengan konsumen. Brand harus tahu apa kebutuhan konsumen, jika sudah
tahu keluarkan inovasi produk untuk memenuhinya. SJA sendiri melakukan riset
dan melihat kompetisi pasar baik dalam maupun luar negeri sebelum mengeluarkan
produk baru. SJA juga mencoba membawa inovasi terbaru dari negara yang
peminum kopinya terbesar untuk diperkenalkan di Indonesia.
Ke depannya, SJA akan
melakukan edukasi ke internal mengenai kopi, cara mengetes kopi, sejarah kopi,
dan lain-lain. Dan mungkin akan membuat museum kopi untuk menunjukkan bahwa SJA
adalah ahli kopi. Pertumbuhan bisnis perseroan cukup bagus. Di tahun
lalu, membukukan pertumbuhan double digit. Produk Kapal Api sendiri
berkontribusi 60% terhadap pertumbuhan perseroan.
Kopi Kapal Api tahun 1920
Lambang tersebut mencerminkan penggabungan antara harapan
baru, semangat juang, dan tentu saja teknologi. Pada masa itu, kapal api
dianggap mewah dengan segala kecanggihannya. Kapal api sebagai transportasi
laut yang membawa harapan dalam dunia perdagangan.
Kualitas dan kuantitas yang terjaga, membuat perusahaan ini maju dengan pesat. Bisnis kopi keluarga Go Soe Loet pun laris manis, bahkan awalnya cuma punya 10 pegawai bisa memiliki 1.500 pegawai. Cita rasa kopi yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia ini membuat Kopi Kapal Api mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat.
Kualitas dan kuantitas yang terjaga, membuat perusahaan ini maju dengan pesat. Bisnis kopi keluarga Go Soe Loet pun laris manis, bahkan awalnya cuma punya 10 pegawai bisa memiliki 1.500 pegawai. Cita rasa kopi yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia ini membuat Kopi Kapal Api mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat.
Kopi
Kapal Api tahun 2014
Kopi Kapal Api Less Sugar memiliki komposisi kopi bubuk
sebanyak 47%, berbeda dengan kopi Kapal Api special mix yang hanya 25%, namun
netto dari ke 2 kopi ini,Kapala Api Less Sugar lebih sedikit yaitu sebanyak
19gram,sedangkan Kapal Api Special Mix sebanyak 25gram.
Mungkin kopi ini ditujukan untuk penikmat kopi yang menginginkan kadar gula yang rendah,yang otomatis konsumsi kalori lebih sedikit, mantap.
Mungkin kopi ini ditujukan untuk penikmat kopi yang menginginkan kadar gula yang rendah,yang otomatis konsumsi kalori lebih sedikit, mantap.
Kopi Kapal Api tahun 2017
Kapal Api Special Kemasan Sachet
Keunggulan kemasan sachet ini juga terletak pada
takaran yang pas untuk sekali seduh. Jadi, kamu hanya perlu menuangkan air
panas (90-95°C) sebanyak ±200 ml untuk mendapatkan secangkir kopi Kapal Api
dengan aroma dan rasa yang jelas lebih enak.
Kapal Api Special Kemasan Ekonomis
Kapal Api Special
Kemasan Ekonomis ditujukan untuk para pengusaha restoran, hotel, atau warung
kopi yang ingin memanjakan para pelanggannya dengan kopi berkualitas, tetapi
harga yang dibandrol tetap ekonomis. Hanya dengan Rp22.000, kamu sudah bisa
membuat hingga 55 gelas kopi. Soal aroma dan rasa, kamu tidak perlu khawatir.
Terbuat dari perpaduan biji kopi Arabika dan Robusta pilihan, aroma dan rasa
kopi Kapal Api Special Kemasan Ekonomis ini tidak kalah dari kopi-kopi luar
negeri dengan harga yang jauh lebih mahal.
Kapal Api White Coffee Premium
Kapal Api White Coffee Premium sedikit berbeda dari
dua varian kopi Kapal Api sebelumnya. Jika biji kopi yang digunakan pada kopi
Kapal Api Kemasan Sachet maupun Ekonomis adalah perpaduan biji kopi Arabika dan
Robusta pilihan, maka kopi Kapal Api White Coffee Premium memadukan kedua jenis
biji kopi tersebut dengan krimer nabati. Selain itu, isi gramasi Kapal Api White
Coffee Premium juga lebih banyak ketimbang dua jenis kopi sebelumnya. Oleh
sebab itu, varian ini cocok untuk kamu yang menyukai kopi dengan rasa yang
lebih kuat dan tajam.
Toyota
Kijang awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan
Toyota dan merupakan kendaraan paling
populer untuk kelas minibus di Indonesia. Toyota Kijang hadir di
Indonesia sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang
sukses secara komersial sampai sekarang. Sehingga berbagai varian dan generasi
mobil ini dapat ditemukan dengan mudah di seluruh pelosok Indonesia. Kesuksesan
Toyota Kijang telah berdampak dengan munculnya mobil-mobil sejenis yang meniru
konsep dari Toyota Kijang (terutama dari segi nama hewan), misalnya Isuzu
Panther dan Mitsubishi Kuda serta Daihatsu Zebra, namun para pesaing yang
menirunya tidak mampu mengalahkan kesuksesan Toyota Kijang dalam melakukan
terobosan inovasi. Saat ini Toyota Kijang menghadapi persaingan yang cukup
ketat, sehingga inovasi dijadikanya strategi yang terbaik untuk bersaing. Hal
ini terbukti dengan eksistensinya dan kepercayaan konsumen untuk menggunakan
minibus Toyota Kijang.
Perubahan Inovasi
Toyota Kijang
Generasi I
(1975-1981).
Posisi
pengemudi pada kijang ini terletak terlalu ketengah dengan tongkat perseneling untuk transmisi mesin yang sulit
dijangkau. Mesin yang digunakan menggunakan mesin Toyota Corolla pada zamannya dengan tipe 3K berkapasitas
1200 cc dengan transmisi 4 percepatan. Selain keluar dengan tipe mobil bak
terbuka (pick up), mobil kijang ini dimodifikasi menjadi mobil penumpang
terutama dilakukan oleh
perusahaan-perusahaan karoseri mobil seperti halnya mobil-mobil niaga pada
masa itu dimana rancangan bodi tidak ditangani pabriknya langsung.
Generasi II (1981-1986)
Perjalanan mobil ini juga
diiringi perkembangan baru seperti halnya disempurnakannya transmisi dan
diferential sekaligus menambah booster rem
pada tahun 1983. Toyota juga dikenal dalam perencanaan produknya sampai
5 tahun berikutnya yang dapat dilihat melalui pengembangan mobil ini. Pada
tahun 1984 mengadakan perubahan pada
gril dan bumper, termasuk pemakaian lampu kotak. Lampu sein yang pada produksi
awal masih terletak di bumper depan, kini naik ke grill mengapit tulisan TOYOTA
.
Sampai tahun 1983, permintaan
mobil ini tetap tinggi, sampai akhirnya Toyota melakukan perubahan pada mesin
yang kemudian memakai tipe 5K dengan kapasitas 1500 cc namun irit dalam
pemakaian. Pada generasi inilah, muncul dua tipe minibus yang dikerjakan
oleh perusahaan karoseri yang ditunjuk
Astra, yaitu :
Ø
Family : minibus 3 pintu (2 di depan dan 1 di
samping kiri) dengan imbuhan "bagasi" di bagian belakang yang
sejatinya sebuah bukaan pada tempat plat nomor. Pada tipe ini, semua kursi
menghadap ke depan, dan dapat memuat 7
penumpang.
Ø
Commando : minibus 5 pintu (dengan pintu paling
belakang tipe ambulan yang terbagi dua membuka ke kedua sisi), dengan kursi
paling belakang saling berhadapan. Dapat
memuat 8 penumpang. Tipe ini berlanjut sampai ke generasi III.
Generasi III (1986-1996)
Di masa ini, bisa dikatakan
sebagai generasi kejayaan Kijang sebagai mobil
penumpang, terutama sebelum banyak mobil penumpang Built Up impor
meramaikan pasar kendaraan di Indonesia
serta puncak dominasi Toyota atas model-model kuat seperti Mitsubishi Colt L300
dan minibus tanpa bonnet lainnya seperti Suzuki Carry dan Daihatsu Zebra dimana
Kijang menjadi pilihan kuat konsumen saat itu. Toyota mengeluarkan dua tipe
Kijang pada generasi ini yakni tipe Super Kijang dan Grand Extra dengan
memiliki life cycle cukup panjang (lebih dari satu dekade) dibandingkan
generasi sebelumnya.
Desain mobil ini memiliki bentuk
lebih manis dan halus dibandingkan generasi lalu yang kaku mirip kotak sabun.
Teknologi full pressed body diperkenalkan untuk menekan penggunaan dempul dalam proses pembuatannya
hingga 2 – 5 kg dempul per mobil. Mesin
pada awal generasi ini masih memakai tipe 5K namun memiliki daya kuda
(horse power) yang lebih tinggi yakni 63 hp dari sebelumnya 61 hp. Transmisi
menghadirkan 5 percepatan, dan 4 percepatan,
yang sebelumnya hanya memakai 4 percepatan.
Generasi IV (1997-2004)
Kijang generasi keempat ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada Kijang yang dikenal sebagai Kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi sebelumnya dan Mesin diesel 2400cc (tipe 2L) tanpa turbo milik Toyota HiAce yang membuat persaingan dengan Isuzu Panther untuk mobil keluarga bermesin diesel yang saat itu mendominasi pasaran Indonesia.
Pada Kijang versi tahun 1997 -
1999, mesin bensin masih menggunakan karburator, barulah pada tahun 2000,
tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel
Injection (EFI). Ada dua pilihan untuk mesin bensin EFI, yaitu 7K-E dengan
kapasitas 1800cc bertenaga 80 hp dan 1RZ-E dengan kapasitas 2000 cc bertenaga 100 hp yang diambil Dari Toyota
Hilux. Meskipun mesin 1RZ-E secara teknologi lebih canggih jika dibandingkan
dengan mesin 7K-E, namun mesin bensin 2000cc ini kurang laku di pasaran
Indonesia karena konsumsi bahan bakarnya yang dinilai lebih boros dibandingkan
dengan tipe 7K-E.
Kijang 2000cc ini hanya terdapat
pada tipe SGX, LGX, dan Krista. Untuk tipe LX, SX, dan pick-up keluaran 1997 -
1999, masih menggunakan transmisi manual 4 percepatan, sedangkan model lainnya
menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Perubahan mesin ini dinamai New
Kijang EFI dengan mengubah desain lampu menjadi "lampu kristal" yang
menghilangkan lampu kabut built-in yang terdapat pada tipe LGX/SGX sebelumnya.
Lampu model ini juga terdapat pada lampu belakang, desain bumper baru, dan juga desain velg roda yang
berbeda serta seatbelt (sabuk keselamatan)
pada jok penumpang bagian tengah (varian SSX/LSX dan SGX/LGX).
Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya. Facelift terakhir mengubah bentuk
lampu depan, lampu belakang diberi
hiasan ala Toyota Land Cruiser, bumper desain baru, kelir interior baru, desain
setir baru serta menghilangnya varian Diesel tipe sasis pendek dan varian mesin
1800cc untuk tipe Krista.
Generasi V (2004-2008)
Kijang Innova (2004 – 2008)
Kijang kembali diperbaharui pada
tahun 2004 dan dipasarkan dengan nama "Kijang Innova". Selain di
Indonesia, model ini juga dipasarkan ke pasar luar negeri dengan nama
"Innova" (tanpa "Kijang"). Model ini telah mengalami
perubahan yang cukup drastis dibandingkan dengan model dari generasi
sebelumnya. Jika pada awal konsep Kijang generasi pertama adalah Basic Utility
Vehicles atau kendaraan kelas bawah,
maka Kijang generasi V lebih dikategorikan sebagai kendaraan kelas menengah.
Bentuk model fisiknya jauh lebih modern dan futuristik , terutama di bagian
depan kendaraan, dimana tidak lagi menonjolkan bentuk lekukan tajam seperti
pada model-model sebelumnya.
(Putri
Gresia 17120019)
Perusahaan Samsung adalah salah satu
penyedia terbesar di dunia teknologi . Dimulai sebagai perusahaan perdagangan
ekspor berbagai produk dari Korea Selatan ke Beijing, Cina. Didirikan oleh Lee
Byung-chul pada tahun 1938, Samsung secara bertahap berkembang menjadi
korporasi multinasional yang sekarang ini. Kata Samsung berarti "tiga
bintang" di Korea. Hal ini menjadi nama yang terkait dengan berbagai jenis
dunia usaha di Korea Selatan dan di berbagai bagian dunia. Secara
internasional, orang mengasosiasikan nama dengan elektronik, teknologi
informasi dan pengembangan. Sejarah SamsungSejarah Samsung bermula pada tahun
1938 dimana Lee Byung-Chull (1910-1987) berasal dari keluarga pemilik tanah
yang luas di daerah Uiryeong datang ke kota Daegu dan mendirikan Samsung
Sanghoe, sebuah perusahaan perdagangan kecil dengan empat puluh karyawan yang
berlokasi di Su-dong (sekarang Ingyo-dong).
Perusahaan yang di bangun Lee mengalami kemajuan dan ia memindahkan
kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika pecah Perang Korea, Lee
terpaksa meninggalkan Seoul dan memulai penyulingan gula di Busan sebagai nama
Cheil Jedang. Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan
membangun pabrik di Chimsan-dong, Daegu sebagai pabrik wol. Lee berusaha
mendirikan Samsung sebagai pemimpin industri dalam berbagai bidang, seperti
asuransi, sekuritas, dan ritel. Pada akhir 1960-an, Samsung Group mulai
berkembang menjadi industri elektronik dan membentuk divisi elektronik, seperti
Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mechanics Co, Samsung Corning
Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat
fasilitas di Suwon. Produk pertama adalah satu set televisi hitam-putih. Pada
tahun 1980, Perusahaan Samsung membeli Hanguk Jeonja Tongsin di Gumi, dan mulai
membangun perangkat telekomunikasi. Produk awalnya adalah Switchboards.
Fasilitas ini telah berkembang menjadi sistem manufaktur telepon dan faks dan
menjadi pusat manufaktur ponsel Samsung. Mereka telah menghasilkan lebih dari
800 juta ponsel.
Perusahaan mereka dikelompokkan bersama di
bawah Samsung Electronics Co, Ltd pada 1980-an. Pada akhir 1980-an dan awal
1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan,
investasi yang penting dalam mendorong perusahaan untuk terdepan dalam industri
elektronik global. Pada tahun 1982, Samsung membangun sebuah pabrik perakitan
televisi di Portugal, pada tahun 1984, samsung membangun sebuah pabrik di New
York, pada tahun 1985, samsung membangun sebuah pabrik di Tokyo, pada tahun
1987, samsung membangun fasilitas di Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada
tahun 1996. Secara total, Samsung telah menginvestasikan $ 5,6 milyar di Austin
– sejauh ini merupakan investasi asing terbesar di Texas dan salah satu
investasi asing tunggal terbesar di Amerika Serikat. Investasi baru samsung di
Austin totalnya menjadi lebih dari $ 9 miliar. Samsung mulai bangkit sebagai
perusahaan internasional pada 1990-an. cabang konstruksi Samsung mendapatkan
kontrak untuk membangun satu dari dua Petronas Towers di Malaysia, Taipei 101
di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun 1993., Lee Kun-hee
menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, dirampingkan perusahaan, dan
operasi lainnya bergabung untuk berkonsentrasi pada tiga industri yaitu
elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Grup Samsung membeli
kembali Sungkyunkwan University foundation. Dibandingkan dengan perusahaan
besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan Asia tahun 1997 yang
relatif tidak berpengaruh besar.
Namun, Samsung Motor dijual kepada Renault
karena mengalami kerugian yang signifikan. Pada tahun 2010, saham Renault
Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen dimiliki oleh Samsung.
Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari tahun 1980-an 1990-an.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea Aerospace Industries
(KAI) , hasil penggabungan antara lalu tiga divisi aerospace domestik utama
Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan Aircraft
Company. Samsung menjadi produsen terbesar memory chips di dunia pada tahun
1992, dan pembuat chip dunia terbesar kedua setelah Intel. Sepuluh tahun
kemudian, Samsung tumbuh menjadi produsen terbesar di dunia membuat panel layar
liquid-crystal. Pada tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan
antara Samsung dan Sony dalam rangka menyediakan pasokan yang stabil dari panel
LCD untuk mereka dan mengoperasikan pabrik-pabrik serta membangun fasilitas di
Tangjung, Korea Selatan. Samsung Electronics mengungguli Sony sebagai salah
satu merek yang paling populer di dunia konsumen elektronik pada tahun 2004 dan
2005, dan sekarang peringkat ke 19 di dunia secara keseluruhan. Samsung menjadi
perusahaan terbesar kedua setelah Nokia dengan volume dunia produsen ponsel
terutama pangsa pasar terkemuka di Amerika Utara dan Eropa Barat. Keberhasilan
Samsung sebagai sebuah penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan
puluhan seperti Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung
Semikonduktor dan Telekomunikasi. Dengan
cara ini diaspal menuju terus kuat di pasar internasional dengan produk
teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap rumah. Perkembangan ini berlanjut
saat dekade berikutnya sebagai Samsung terus melampaui batas dan
restrukturisasi rencana bisnis untuk mengakomodasi adegan global. Mengadopsi
bentuk baru manajemen terbukti menjadi perpindahan yang bijaksana bagi
perusahaan sebagai produk berjalan mereka pada daftar harus top-have dalam berbagai
bidang mereka. TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk teknologi
tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka berkualitas tinggi.
Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993, menjadi yang terbaik
di dunia. Metode yang sangat baik perusahaan pengendalian kualitas inilah yang
membuatnya berhasil dalam menyediakan hanya produk terbaik untuk seluruh dunia.
Ini berlaku sebuah "Berhenti Line" sistem dimana setiap orang bisa
menghentikan proses produksi dalam hal bahwa produk ditemukan kurang lancar.
Untuk saat ini, terus Samsung mempertahankan statusnya sebagai operator terbaik
di dunia "itu" teknologi. Its
tenaga kerja berkualifikasi tinggi masih mengupayakan yang terbaik dalam
bidangnya masing-masing membuat keseluruhan perusahaan sukses besar dalam
pembuatan. Rahasia sukses terus perusahaan dalam peningkatan konstan struktur
manajemen dan penerapan filosofi-nya: "Kami akan mencurahkan sumber daya
manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan jasa, sehingga memberikan
kontribusi kepada masyarakat global yang lebih baik."
Produk pertama samsung adalah
"telivisi hitam putih" kini merambah ke ponsel dengan jumlah produk
yang paling terbanyak dan berbagai spesifikasi yang menarik setiap jenis
nya,kemudian TV dengan fitur fitur terbaik dan terpopuler,kulkas,mesin
cuci,vacuum cleaner,speaker,chips memori,headset,microwave,sound system dan
masih banyak lagi.Keinovatifan membuat para pegawai terus berkarya dan
meningkatkan kreativitasnya.
Citra adalah merek lokal di Indonesia yang
mempunyai visi untuk menjadi merek perawatan kulit lengkap yang memberikan
kecantikan alami secara keseluruhan. Selama 30 tahun, Citra sudah berevolusi
dan melahirkan berbagai inovasi untuk menjaga komitmennya dalam memahami serta
memenuhi kebutuhan wanita Indonesia yang menginginkan kulit cantik terawat yang
sehat. 1984 – 1994 Citra pertama kali dikenal oleh wanita Indonesia pada tahun
1984.
Di awal kehadirannya, Citra cukup identik
dengan kandungan Mangir, yang merupakan warisan dari rahasia kecantikan puteri
keraton Jawa. Dengan berbagai varian produknya seperti sabun batang, cleansing
foam, serta body lotion, Citra menjaga kelembaban kulit agar tetap
halus,lembut, dan kuning langsat. 1995 – 2004 Pada masa ini, Citra mulai
meremajakan diri dan menyasar pangsa pasar yang lebih muda. Kesan tradisional
yang dahulu sangat melekat, mulai perlahan tergantikan sesuai perkembangan
zaman. Dengan menghadirkan varian baru yang mengandung bengkoang, Citra
mencerahkan kulit wanita Indonesia. 2005 – KINI Untuk memenuhi kebutuhan wanita
Indonesia modern yang beragam, Citra menghadirkan formula baru yang
terinspirasi dari rahasia kecantikan Asia. Kandungan seperti Beras Jepang,
Royal Jelly Korea, Bubuk Mutiara Cina, Goji Berry, Teh Hijau Jepang, Rumput
Laut Jepang dan Bunga Anggrek Korea yang secara turun temurun dipercaya dapet
merawat kecantikan wanita, kini hadir dalam rangkaian perawatan
Citra.Berjalannya waktu diiringi perkembangan teknologi, produk Citra makin
banyak pesaing dengan produk-produk serupa yang bermunculan di Indonesia. Akan
tetapi produsen Citra mampu bertahan dengan selalu mengeluarkan produk yang
lebih inovasi strategis yang berkaitan dengan konsumennya agar visi dan misi
dapat terarah dengan baik.
Kini produk citra mempunyai banyak inovasi
terbaru sehingga mampu melewati banyak saingan,adapun produk citra berupa
handbody lotion,sabun,facial foam,body wash dan cream pencerah wajah dengan
varian nutrisi yang terkandung dalam produk tersebut.
(Putri Simanjuntak 17120025)
(Putri Simanjuntak 17120025)
PT Sinar Sosro merupakan salah
satu perusahaan yang dapat menjadi contoh yang baikdalam hal inovasi. Sudah
hamper 30 tahun perusahaan tersebut berdiri, mulai dari perusahaan kecil yang
menjual ide “gila” dengan memasukkan Teh ke dalam botol, mendobrak pandangandan
budaya orang pada waktu itu (1970) tentang cara meminum Teh, hingga tumbuh dan
berkembang menjadi perusahaan besar bahkan berskala internasional hingga
seperti yang kita kenal sekarang ini.
Inovasi dalam hal varian produk
sangat kental terlihat pada PT Sinar Sosro, hingga kini PT Sinar Sosro telah
memproduksi berbagai macam jenis minuman ringan dengan merek-mereksebagai
berikut: Teh Botol Sosro, Fruit Tea, Prim-A, Happy Jus, S-Tee, Freso, Tebs, Teh
Celup Sosro dan Teh Cap Botol. Banyaknya varian ini dikelola dengan baik oleh
PT Sinar Sosro.Seperti disebutkan di atas, beberapa brand ini merupakan brand
yang menciptakan pasarnya sendiri dan sangat efektif dalam menghadapi
serangan-serangan brand perusahaan lain. Dengan manajemen brand yang baik, PT
Sinar Sosro mampu mengelola brandnya sehingga brandtersebut tidak akan menjadi
kanibal atau pemangsa sesama produk dari PT Sinar Sosro, dan yang paling
mengesankan adalah brand equity Teh Botol Sosro tetap yang paling cemerlang dan
berjaya di pasaran. Hal ini cukup membuktikan bahwa inovasi merupakan jawaban
dari segala tantangan yang ada dalam mempertahankan keberlangsungan suatu
produk.
PT Bina Karya Prima telah memulai
usaha mereka sejak tahun 1981. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam
memproduksi produk sabun dan minyak goreng. PT Bina Karya Prima atau BKP juga
diakui sebagai perusahaan bisnis kelapa sawit yang ternama di Indonesia. Brand
produk mereka sudah terkenal dan menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat
sehari-hari. BKP tetap memegang komitmen, tanggung jawab, untuk menghasilkan
produk yang berkualitas. Mereka juga tidak kenal lelah dalam melakukan
pengembangan dan membuat inovasi baru dalam produk yang dihasilkan. BKP menjaga
konsistensi kualitas produknya dengan memanfaatkan fasilitas manufaktur moderen
serta riset dan pengembangan yang berkelanjutan.
Shinzu'i merupakan salah satu
brand produk dari BKP. Merupakan brand produk perawatan kulit yang ternama di
Indonesia. Shinzu'i dibuat dengan formulasi yang alami, dengan menggunakan
minyak Herba Matsu dari Jepang. Minyak ini merupakan minyak essensial berharga
yang diambil dari jamur Matsutake. Dengan bahan alami ini, produk Shinzu'i
bermanfaat dalam mencerahkan kulit, membuat kulit lebih lembut dan putih.
Shinzu'i hadir dengan 6 aroma bunga khas dari Jepang. Antara lain bunga Sakura,
Matsu, Kirei, Hana, Myori, dan Kensho. Rangkaian produk pemutih kulit dari
Shinzu'i meliputi produk sabun batangan, body cleanser, body lotion, facial
wash, compact powder, dan body scrub.
(Rahel 17120027)
(Rahel 17120027)
Energen adalah minuman susu dan sereal yang cocok
untuk menghilangkan rasa lapar. Minuman ini juga mengandung karbohidrat, paduan
vitamin, mineral dan protein yang dibutuhkan tubuh dalam komposisi yang tepat.
Rasanya ada beberapa macam seperti kacang hijau, vanilla dan coklat. Semua sama
enaknya tergantung selera saja. Kalau minum 1 gelas saja sudah terasa, seperti
perasaan lapar sudah hilang karena perut sudah terisi. Kalau untuk sarapan
kurang cocok, tapi kalau lagi buru – buru minuman cereal ini membantu menjaga
kondisi badan agar perut tetap terisi biar tidak masuk angin.
Energen adalah susu dan sereal yang diperkaya
sigmavit, yaitu paduan vitamin, mineral dan protein dalam jumlah dan komposisi
yang tepat yang dibutuhkan tubuh dalam fase pertumbuhan, perkembangan dan
pemeliharaan kesehatan.
Energen memberi nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang praktis dan enak. Energen adalah susu dan sereal penuh nutrisi, padat gizi dan berserat alami sesuai untuk menambah asupan gizi anda sekeluarga. Susu sereal yang diproduksi oleh PT. Kakao Mas GemilangPO BOX 6138 Jakarta 11061 ini juga telah lulus ujian coba BPOM RI MD 651510005071
Energen memberi nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang praktis dan enak. Energen adalah susu dan sereal penuh nutrisi, padat gizi dan berserat alami sesuai untuk menambah asupan gizi anda sekeluarga. Susu sereal yang diproduksi oleh PT. Kakao Mas GemilangPO BOX 6138 Jakarta 11061 ini juga telah lulus ujian coba BPOM RI MD 651510005071
Cara penyajiannya tergolong mudah tidak sampai 1 menit yaitu tinggal
tuangkan 1 sachet energen ke dalam gelas, tambahkan air panas / hangat 150ml,
aduk hingga merata, minuman energen sudah siap diminum. Jadi memang terbilang
praktis.
Cara Penyajian tergolong mudah sbb :
- Tuangkan Energen ke dalam gelas.
- Tambahkan 150 ml air hangat, aduk hingga merata.
- Energen hangat siap diminum.
Komposisi :
Gula, Krimer, Susu bubuk, Terigu, Kakao bubuk, Jagung, Oat, Ekstrak malt, Telur, Garam, Kalsium, Vitamin.
Cara Penyajian tergolong mudah sbb :
- Tuangkan Energen ke dalam gelas.
- Tambahkan 150 ml air hangat, aduk hingga merata.
- Energen hangat siap diminum.
Komposisi :
Gula, Krimer, Susu bubuk, Terigu, Kakao bubuk, Jagung, Oat, Ekstrak malt, Telur, Garam, Kalsium, Vitamin.
Informasi Nilai Gizi (per sajian) :
Takaran saji : 1 sachet (30g)
Energi total : 130 kkal
Energi dari lemak : 30 kkal
Lemak Total 3,5 g 6% AKG
Lemak Jenuh 1,5 g 8% AKG
Kolesterol 0 g 0%
Protein 1 g 2% AKG
Karbohidrat total 24 g 8% AKG
Serat pangan 1 g 4% AKG
Gula 18 g
Natrium 140 mg 6% AKG
Vitamin A 30%AKG
Vitamin B1 15%AKG
Vitamin B2 10%AKG
Vitamin B6 20%AKG
Asam Folat 15%AKG
Vitamin B12 25%AKG
Vitamin D 15%AKG
Vitamin E 15%AKG
Kalsium 20%AKG
%AKG berdasarkan kebutuhan energi sebesar 2000 kkal / hari.
Kebutuhan energi ini bisa berbeda setiap orangnya, bisa lebih tinggi / rendah tergantung pekerjaan yang dilakukan.
Pada saat awal produksi susu bersereal ini hanya memiliki
1 varian rasa saja, yaitu rasa coklat. Tetapi sekarang susu Energen
Cereal, produk minuman instant serbuk
sereal yang punya tagline 'minum makanan bergizi' ini,
punya varian rasa baru, yaitu
Energen rasa Jagung. Dengan adanya varian rasa baru ini, Energen memiliki total
lima varian rasa, yaitu Energen rasa cokelat, Energen rasa kacang hijau,
Energen rasa vanila, Energen rasa jahe, dan Energen rasa jagung.
Pepsodent adalah salah satu merek pasta dan sikat gigi
dari Unilever.
Pepsodent adalah pasta gigi yang tertua di Indonesia.
Pepsodent pertama kali diluncurkandi Inggris pada
dekade 1920-an dan
menyebar ke negeri-negeri jajahannya termasuk Hindia Belanda (Indonesia), Malaya (Malaysia),
dan Temasek (Singapura).
Pepsodent adalah salah satu produk yang cukup terkenal pada masa penjajahan,
ketika Unilever memasuki
pasaran Indonesia di era penjajahan, sekitar dasawarsa 1930-an.
Slogannya adalah Senyum Mengubah Segalanya.
Perjalanan panjang Pepsodent menunjukkan semakin
kuatnya brand ini. Berbagai upaya yang telah dilaksanakan Unilever berbuah
manis.Pepsodent pada awal launching melaksanakan positioning pada gigi lebih
putih dan sehat yang selanjutnya disempurnakan sebagai perawatan gigi.Pepsodent
kemudian dilengkapi dengan baking soda, setelah sebelumnya sukses dengan
Pepsodent Zinc zitrate dan Triclosant. Beberapa tahun sebelum sukses dengan
nilai tambahan tersebut, telah sukses dengan floride dan kalsium, sehingga
terakhir ini fluoridedi tambah menjadi Fluoride bicarbonate calcium. Bahkan di
perluas dengan Fluoride washmouth. Dalam mengembangkan pemasaran, Pepsodent
menggunakan product life cycle strategi.
Di samping mengembangkan produk content sebagai bagian
produk life cycle strategi, juga terus melakukan inovasi dalam kemasan, rasa,
warna, bentuk, ukuran dan merancang produknya sesuai dengan segmentasi pasarnya
yakni dewasa dan anak-anak. Selain itu warnanya disesuaikan dengan warna-warna
trendi, yakni putih dan hijau baik isi maupun kemasannya.
Semakin berkembangnya zaman mendorong Pepsodent untuk
semakin meningkatkan kualitas produknya dan sedapat mungkin menekan biaya
produksi. Selain itu, karena adanya berbagai permintaan konsumen, maka
Pepsodent mengembangkan produknya dengan menciptakan berbagai jenis, misalnya
pepsodent herbal, pepsodent triple action, pepsodent plus whitening, pepsodent
complete care.Sukses pepsodent bukan tidak diikuti oleh pesaing-pesaing, baik
lama maupun baru grup orang tua hampir serupa dalam mengikuti gerak-geriknya
terutama dengan 2 merek yang dimilikinya yakni Formula, dan sikat giginya.
Kesuksesan Pepsodent tentunya menjadikan pabrikan lain terus mengembangkan
produknya. Beberapa pesaing yang dihadapi Pepsodent antara lain Colgate
(Palmolive, Amerika), Darlie (Hawley dan Hazel, Hongkong), Oral-B (Oral-B
limited, Australia), dan Ciptadent (Lion corporation, Jepang) dan juga Cusson
Kids, Zwitsal, dan Pigeon untuk pangsa pasar anak – anak.
(Paskah 17120056)
(Paskah 17120056)
Rice
Cooker ditemukanpertama kali oleh Yoshida Minami. Awalnya, padatahun 1937
alatinipertama kali dikembangkanolehtentaraJepang.
TentaraJepangsaatitumenggunakanwadahkayu dan lempenganlogamuntukmenanaknasi.
Wadahkayu yang
terusdihantarkanpanasolehlempenganlogamakanmembuatnasimenjadimatang,
namunternyatahaltersebutmemakanwaktu yang sangat lama
mengingatwadahtersebuttidakdilengkapidenganpenutup.Untukmempersingkatwaktu yang
digunakan, alattersebutakhirnyadilengkapiolehpenutup, halitu pun
suksesmembuatwadahtersebutbisamenyerapuappanas yang keluardarinasi dan
tidakmembiarkanuaptersebutkeluarbegitusaja.
Hasildaripenyempurnaanalatiniakhirnyamembuat Mitsubishi memiliki ide untukmengembangkannyamenjadiproduk
yang lebihsempurna. JikatentaraJepangmenggunakanwadahkayuuntukmenanaknasi, maka
Mitsubishi mencetuskan ide untukmenggantiwadahkayudenganalumunium yang
bisamenghantarkanpanaslebihtinggi. Akhirnya, produkini pun menjadisangatefektifuntukmenanaknasikarenabahanalumunium
dan jugapenutup yang bisamemanfaakanuappanasdariproduktersebut. Padatahun 1945,
Mitsubishi pun memproduksialatinisecaramasal.
Rupanyasejarah
rice cooker tidakberakhrsampaidisitu. Padatahun 1956, Toshiba pun ikutmengembangkanproduktersebut
dan menyempurnakannyamenjadialat yang lebihefektifuntukmenanaknasi. Toshiba
menyempurnakan rice cooker
dengancaramembuatprodukituberhentibekerjasaatnasibenar-benarmatang. Hal
tersebutmenjadipenemuanbesar di dunia. Sejaksaatitu pun rice cooker menjadialat
yang sangatotomatisuntukmenanaknasi. Inovasidari Toshiba ini pun
bisamembuatproduktersebutmenjadilebihamansaatdigunakan. Akhirnya, Toshiba
padasaatitu rata-rata memproduksi 200 ribu rice cooker setiapbulannya.
Perkembangannya pun begitupesat. Hampir 50 % wargajepangmemiliki rice cooker di
rumahnyamasing-masing.
Setelahberkembangpesat
di negaraJepang, produkpenanaknasiini pun akhirnyabisamenembuspasardunia.
Fungsinyajugadikembangkanmenjadilebihbaik. Selainuntukmenanaknasi, rice cooker
pun jadibisadigunakanuntukmenghangatkannasi, menghangatkansayur, dan
sebagainya. Namun, alatinitetapmenggunakantenagalstrikuntukbisadigunakan.
Pengeringrambutpertamadipatenkanoleh
Gabriel Kanzajian di Amerikapada 1911. Pengeringrambutportabelmampudijualkepubliksekira
1915 denganberat rata-rata dua kilogram dan sedikitsulitdioperasikan.Hair dryer
portabelcukupberbahayakarenarawanakantersengatlistrik dan overheating.
Alattersebutjugatidakcukupefisienkarenaawalnyahanyamemilikikapasitas 100 watt,
lalusebuahkemajuandengan hair dryer modern yang memilikikapasitas rata-rata
1.800 watt dan beberapa model lain yang menyediakanlebihdari 2.000 watt.
Seiringberjalannyawaktu,
pengusaha hair dryer mampumeningkatkan watt dan menghasilkan hair dyer yang
jauhlebihringandarisebelumnya. SebagaicontohadalahSedu hair dryer.
Selamaberinovasisepanjang 1960 di industriplastik,
memungkinkansuatuperusahaanmemproduksi hair dryer yang lebihringandenganmesin
yang bergerakdi dalam casing.Selamaberinovasi di 1970, dilakukanpengamananuntuk
hair dryer. Konsumer Product Safety Commission menetapkanperaturan yang
harusdiikutiolehperusahaandalamproduksipengeringkomersial.
Tahun
1991 Undang-undang di AS meminta agar pengeringtersebutmenggunakan alas
untukmencegahterjadinyasengatanlistrikjikaseseorangmenggunakandalamkeadaanbasah.
Karenaperaturanitulahtingkatkematian yang disebabkanpengeringportabelmenurun di
abad ke-20, dariratusaninsidenmenjadiempatinsidendalamsetahun.
Kinipengeringrambutsudahsemakinmembaikdenganteknologi
yang inovatiftermasukturmalin dan pengeringionikdenganpengaturanpanas dan
kecepatannya. Pengering kali
inibahkanbisamengeringkanrambutdaridalamkeluardenganmengurangijumlahstatis di
rambut dan memecahkanmolekul air denganwaktupengeringan yang lebihcepat.
(Otniel
17120008)
Comments
Post a Comment